5 Rekomendasi Situs Jurnal Ilmiah yang Bisa Diakses Gratis

oleh

SPI-JAKARTA

Apakah Anda sedang mengerjakan karya tulis ilmiah? Tentunya Anda membutuhkan jurnal ilmiah sebagai referensi. Apa saja situs jurnal ilmiah yang dapat Anda akses?

Dalam membuat karya tulis ilmiah, tentunya Anda memerlukan jurnal ilmiah yang nantinya dijadikan sebagai referensi. Tujuannya agar data atau informasi dalam karya ilmiah akurat dan kredibel.

Saat ini, banyak situs jurnal ilmiah yang bisa diakses oleh banyak orang secara gratis. Tak hanya itu, situs-situs tersebut juga menyediakaan jurnal secara lengkap.

Daftar Situs Jurnal Ilmiah

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi situs jurnal ilmiah yang dapat Anda akses secara gratis yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

http://e-resources.perpusnas.go.id/

Situs website pertama yang dapat Anda kunjungi untuk mencari jurnal nasional ialah melalui website resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI).

Mengutip dari campusnesia.co.id, Perpusnas menyediakan situs perpustakaan digital yang berisikan bermacam-macam ebook dan jurnal baik nasional maupun internasional. Untuk menggunakan Situs ini Anda harus melakukan registrasi menjadi anggota terlebih dahulu.

Dalam situs Perpusnas Anda dapat menemukan jurnal dari berbagai sumber, seperti Proquest, Ebsco, SAGE, Neliti, Ebrary dan lain-lainnya.

2. Google Cendekia

http://scholar.google.com

Google Cendekia atau Google Cendekia adalah mesin pencari dari Google yang berfokus pada penyedia jurnal maupun artikel ilmiah online secara gratis dari berbagai negara.

Directory of Open Access Jounals atau DOAJ juga menjadi situs yang paling terkenal di kalangan mahasiswa.

DOAJ merupakan salah satu situs jurnal internasional yang menyajikan artikel terbaik yang memiliki akses terbuka atau gratis dan tanpa batasan publikasi. Pada situs ini, Anda dapat menemukan ribuan jurnal dari ratusan negara yang dapat Anda jadikan referensi untuk penelitian Anda.

4. ScienceDirect

Melansir dari bisnis.com, ScienceDirect menyajikan berbagai jurnal penelitian internasional yang dapat diakses secara gratis. Situs ini menjadi rekomendasi untuk mencari bahan penelitian yang lengkap karena menyajikan referensi dalam bentuk buku dan artikel ilmiah.

Selain itu, pada situs ScienceDirect, Anda juga dapat menemukan jurnal internasional dengan halaman yang lengkap. Namun, beberapa jurnal yang memiliki halaman lengkap di ScienceDirect akan akan diberi batasan harga.

5. Academia.edu

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan situs yang satu ini. Academia.edu menjadi situs favorit dan seringkali muncul pada halaman utama pencarian google. Mengutip dari ucy.ac.id, di dalam situs Academia.edu Anda dapat dengan mudah mencari jurnal ilmiah yang sudah berbahasa Indonesia. Situs ini akan sangat membantu Anda dalam mencari referensi jurnal untuk penelitian, tugas akhir, dan lain-lain.