Menu

Mode Gelap

Buku · 11 Nov 2022 22:12 WIB

3 Rekomendasi Buku Metode Penelitian dari Penerbit Deepublish

Avatar badge-check

Editor


 3 Rekomendasi Buku Metode Penelitian dari Penerbit Deepublish Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-YOGYAKARTA

 

Dalam tulisan ini berisi lengkap rekomendasi dan review buku Buku Metodologi Penelitian Metode Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami dan pastinya bisa dijadikan referensi untuk menyelesaikan skripsi yang disyaratkan oleh kampus atau sebagai tugas mata kuliah metode penelitian.

Hampir diseluruh jurusan dan mata pelajaran di perguruan tinggi memiliki buku metodologi penelitian sendiri dan tentu saja berbeda-beda. Misal, mahasiswa Psikologi, pasti memiliki buku metodologi penelitian khusus psikologi. Ada juga jurusan matematika, maka aka nada metodologi penelitian untuk bidang matematika. Karena pada dasarnya setiap bidan studi memiliki aturan baku masing-masing.

Membicarakan tentang buku metodologi penelitian, meskipun setiap jurusan memiliki metodologi berbeda, tetap saja buku metodologi ini selalu dibutuhkan oleh mahasiswa akhir semester. Sebagai mahaasiswa akhir semester, tentu ini sangat membantu karena setiap mahasiswa akhir semester diwajibkan untuk melakukan penelitian.

Bagaimanapun juga, buku metodologi penelitian membantu mengarahkan bagaimana cara membuat laporan penelitian.

Nah, untuk mempersingkat waktu, buku metodologi penelitian seperti apa sih? Berikut daftar buku metode penelitian yang mungkin kamu cari. Semoga bermanfaat.

1. Buku Metodologi Penelitian Pendidikan – Teori dan Implementasi

Cabang ilmu lain yang juga mengulas tentang metodologi penelitian adalah karya Dr. Wagiran, M.Pd. Buku ini menyampaikan bahwa salah satu kunci sebuah penelitian baru dapat dijalankan apabila sudah ditemukan masalah. Pada dasarnya, penelitian dilakukan untuk menjawab permasalahan yang ada.

Bagaimana jika tidak ada masalah yang muncul? Jika tidak ada masalah, berarti sudah tidak ada yang perlu di teliti. Karena tidak ada solusi yang dicari-cari. Jadi penulis memang menekankan bahwa metodologi penelitian itu dilakukan karena memiliki masalah.

Buku setebal 382 halaman ini lebih fokus pada teori dan implementasi bagaimana melakukan penelitian. Bagi yang masih asing dengan dunia penelitian, atau yang sudah tahu, namun masih binggung bagaimana melakukan penelitian. Tenang, karena di sini kamu akan diperkenalkan tentang perumusan masalah itu apa dan bagaimana cara membuat perumusan masalah.

Tidak hanya itu, pembaca juga akan diantarkan bagaimana tahapan melakukan perumusan masalah dan bentuk masalah-masalah dalam penelitian itu bagaimana. Kelebihan buku ini, penulis juga memberikan contoh rumusan masalah dan jenis-jenis penelitian.

Buku ini juga salah satu rekomendasi buku metodologi penelitian yang perlu kamu miliki. Cocok buat kamu yang sedang galau dan binggung bagaimana memulai melakukan penelitian.

2. Buku Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian

Rekomendasi buku metodologi penelitian yang ketiga adalah karya I Made Indra P dan Ika Cahyaningrum. Buku tandem mereka diberi judul cara mudah memahami metodologi penelitian. Secara garis besar, akan memperkenalkan tentang variabel penelitian. Apa sih variabel penelitian? secara teoritis variabel sebagai objek dan bidang ilmu. Variabel memiliki variasinya beragam. Prinsipnya, segala sesuatu yang dikatakan variabel, apa yang mengikuti variabel itulah yang disebut dengan variasi.

Buku setebal 76 halaman ini tidak hanya mempelajari tentang variabel penelitian saja, tetapi juga mengulas desain penelitian deskriptif. Seperti halnya buku metodologi penelitian lainnya, yang juga mempelajari tentang desain penelitian analitik.

Membicarakan penelitian, memang ada banyak bentuk penelitian, misalnya ada penelitian eksperimental dan lain-lain. Kamu pun juga akan belajar istilah seperti populasi dan sampel, yang akan ada di dalam penelitian. Nah buat kamu yang merasa cocok dengan bukunya, bisa dapatkan bukunya di sini.

3. Buku Metode Penelitian Informatika

Ade Johar Maturidi mengemas buku metode penelitian teknik informatika dari segi religiusitasnya. Metode penelitian teknik informatika mengulas dari sudut pandang islam dan global. Salah satu kelebihan buku ini disusun secara sistematis, sehingga memudahkan pembaca dalam memahami dan mengaplikasikan ilmu.

Buku setebal 135 halaman ini memang tentang informatika, dan dari segi judul tidak menonjolkan sisi keagamaannya. Tapi bagian isi dalam buku, buku ini berisi tentang penelitian dari sudut panjang islam. Meskipun demikian, di dalam buku ini juga menggunakan metode penelitian seperti filsafat ilmu, konsep dasar penelitian dan metodologi penelitian kajian teknik informasi.

Buku ini cocok buat kamu nih yang sedang menjalankan tugas akhir, skripsi dan laporan proposal teknik informatika. Setidaknya lewat buku ini, kamu tahu bagaimana laporan dan aturan pelaporan penelitian teknik informatika itu.

Artikel ini telah dibaca 26 kali

Baca Lainnya

Hukum Islam Agroteknologi: Studi Takhrij dan Sarah Hadis

30 Januari 2023 - 11:05 WIB

Respon Pelaku Usaha dalam Penerimaan Kebijakan Sertifikasi Halal

29 Januari 2023 - 11:00 WIB

5 Buku yang Bikin Kamu Mahir Baca Fenomena di Era Digital

27 November 2022 - 17:11 WIB

Tingkatkan Pembaca Setia dan Generasi Millenial, Lentera Hati-Aplikasi KESAN Rilis Buku Digital Quraish Shihab

23 November 2022 - 09:30 WIB

5 Rekomendasi Buku Metode Penelitian Terbaik untuk Skripsi

26 Oktober 2022 - 08:21 WIB

Selamat! Kemenag Luncurkan Buku Moderasi Beragama Perspektif Bimbingan Masyarakat Islam

27 Juli 2022 - 23:07 WIB

Trending di Buku