Menu

Mode Gelap

Riset & Edukasi · 12 Okt 2022 14:10 WIB

2 Peneliti UI Raih Pendanaan Riset Inggris-Indonesia

Avatar badge-check

Editor


 2 Peneliti UI Raih Pendanaan Riset Inggris-Indonesia Perbesar

SENTRA PUBLIKASI INDONESIA-DEPOK

Dua dosen peneliti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), yakni Anom Bowolaksono, Ph.D, dari Departemen Biologi, dan Dr Dipo Aldila dari Departemen Matematika, terpilih sebagai penerima pendanaan riset Inggris-Indonesia melalui Program Riset Inovatif Produktif (RISPRO).

“Hasil penelitian nantinya akan digunakan untuk mengevaluasi kompetensi protein itu sebagai kandidat terapi anti-diabetes melitus gestasional pada wanita penderita sindrom ovarian polikistik. Temuan dari proyek riset ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak terdampak diabetes melitus melalui penambahan opsi terapi baru,” kata Anom Bowolaksono di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Selasa.

Program “collaborative scientific” ini diperuntukkan bagi peneliti Indonesia dengan pembahasan Inggris Raya di lima tema prioritas, yaitu green economy, blue economy, digital technology, health, dan tourism.

Dalam penelitian tersebut FKH IPB akan dipimpin oleh Prof drh. Arief Boediono, Ph.D., PAVet(K), dan University of Warwick akan dipimpin oleh Prof Dimitri Grammatopoulos.

Peneliti lainnya dari UI, yakni Dipo Aldila, mengajukan proposal penelitian berjudul “Outbreak Risk of Vector Borne Disease and Managerial Distraction Analysis In Post Pandemic of COVID-19”. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu sudut pandang alternatif terhadap pola penyebaran suatu penyakit, baik secara temporal maupun spasial.

“Selama dua tahun terakhir pandemi COVID-19, banyak pelajaran yang bisa diambil. Metode forecasting kasus di lapangan sebagai antisipasi terhadap perubahan kebijakan terus diperbaharui,” katanya.

Melalui penelitian ini, diharapkan agar ke depannya hasil penelitian ini dapat memberikan sistem peringatan dini terhadap ancaman lonjakan kasus penyakit di lapangan, baik itu COVID-19, demam berdarah dengue (DBD), atau penyakit lainnya yang banyak dijumpai di tengah masyarakat.

Dekan FMIPA UI Dede Djuhana, Ph.D menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada kedua dosen peneliti tersebut. Keterlibatan FMIPA UI melalui proyek kolaborasi riset ini.

Ia mengatakan FMIPA UI yang merupakan bagian dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia mengedepankan kolaborasi nasional maupun internasional di bidang pendidikan maupun penelitian sebagai kunci sukses dalam membangun kapasitas dan kualitas institusi dalam melahirkan SDM unggul dan inovasi yang berdampak bagi masyarakat dunia.

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya

Kuatnya Pengaruh Kekerasan Adegan Film dalam Kehidupan Nyata

8 Januari 2023 - 08:47 WIB

Keren! Faiz Affan, Guru MTsN 1 Pati Juara Lomba Video Pembelajaran Digital

1 Januari 2023 - 10:52 WIB

Luar Biasa! Mahasiswa UIN Gus Dur Raih Juara 1 Lomba LKTI Yofest Unida Gontor 2022

29 Desember 2022 - 09:42 WIB

Tingkatkan Publikasi, 4 Jurnal UIN Jakarta Peroleh Akreditasi Baru

28 Desember 2022 - 13:21 WIB

Ibu, Madrasah Pertama dan Era 4.0

22 Desember 2022 - 15:21 WIB

Keren! 2 Siswa MTsN 1 Pati Raih Medali Kompetisi Matematika, Sains, dan Inggris Tingkat Nasional 2022

22 Desember 2022 - 08:54 WIB

Trending di Riset & Edukasi