10 Universitas Swasta Terbaik di Jawa Barat 2024 Versi Webometrics. Ada Kampus Impianmu?

oleh

BANDUNG SENTRA PUBLIKASI INDONESIA —¬†Untuk menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang unggul dan bersaing secara global, perguruan tinggi seringkali memperoleh pemeringkatan internasional. Salah satu pemeringkatan yang dianggap bergengsi adalah Webometrics.

Apa itu Webometrics?
Webometrics merupakan sistem pemeringkatan yang mengevaluasi perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan pada tiga indikator utama yaitu visibility, transparency, dan excellence.

Metode Pemeringkatan
Visibility (Visibilitas) adalah penilaian terhadap pengaruh konten atau tautan domain perguruan tinggi yang diunggah di situs perguruan tinggi. Semakin banyak konten yang diunggah dan diakses dari situs perguruan tinggi, semakin tinggi visibilitasnya.

Transparency (Transparansi) adalah indeks penilaian pada seberapa banyak penelitian dari top 310 peneliti yang dikutip dalam website perguruan tinggi. Semakin banyak penelitian yang dikutip, semakin tinggi tingkat transparansinya.

Excellence (Keunggulan) adalah penilaian terhadap jumlah makalah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip pada tiap 27 disiplin ilmu berdasarkan database yang ada. Semakin banyak makalah yang dikutip, semakin tinggi tingkat keunggulannya.

Universitas Swasta Terbaik di Jawa Barat 2024
Dilansir dari laman Telkom University, berikut ini 10 perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Barat versi Webometrics edisi Januari 2024:

1. Telkom University (Tel-U)
Telkom University terus mempertahankan posisinya sebagai kampus swasta terbaik nomor satu di Indonesia dan Jawa Barat menurut Webometrics, dengan peringkat ke-11 di Indonesia dan peringkat ke-1.206 di dunia. Sebagai universitas swasta terkemuka, Telkom University memiliki komitmen kuat untuk memberikan mutu pendidikan yang unggul guna mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia.

Telkom University menawarkan 7 fakultas dan 64 program studi yang tersebar di beberapa lokasi strategis seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya. Dengan memiliki lebih dari 36.000 mahasiswa aktif dan 78.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia.

Selain peringkat yang diberikan oleh Webometrics, Telkom University juga meraih berbagai pemeringkatan internasional lainnya, seperti The Higher Education Impact Ranking dan World University Ranking for Innovation, yang menegaskan komitmen universitas ini dalam menyediakan pendidikan berkualitas tinggi dan inovatif. Sehingga tak heran jika Telkom University menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa baru.

2. Universitas Gunadarma (UG)
Menurut pemeringkatan Webometrics, Universitas Gunadarma menduduki peringkat kedua sebagai PTS di Jawa Barat. Secara keseluruhan, Universitas Gunadarma menempati peringkat ke-35 di Indonesia dan peringkat ke-3.061 di dunia. Pencapaian ini menunjukkan bahwa Universitas Gunadarma memiliki reputasi yang baik dengan menawarkan beragam pilihan pendidikan kepada calon mahasiswanya melalui 9 Fakultas dan 18 Program Studi.

3. Universitas Terbuka
Menurut Webometrics Universitas Terbuka menjadi kampus swasta yang berhasil menduduki peringkat ketiga di Jawa Barat. UT meraih peringkat ke 61 di Indonesia dan 4165 dunia.

4. Universitas Widyatama Utama Bandung
Universitas Widyatama menjadi PTS yang menempati peringkat ke empat di Jawa Barat versi Webometrics dengan menempati peringkat ke 68 di Indonesia dan ke 4633 di dunia. Universitas Widyatama memiliki 5 fakultas dan 16 program studi.

5. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)
Sebagai PTS yang menduduki peringkat ke lima di Jawa Barat menurut Webometrics, Universitas Katolik Parahyangan menduduki peringkat ke 69 di Indonesia dan ke 4648 di dunia dengan pencapaian Impact Rank 4071, Openness Rank 8370 dan Excellence 4648.

6. Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Maranatha berhasil menempati peringkat ke enam di Jawa Barat dengan peringkat ke 72 di Indonesia dan ke 4711 dunia berdasarkan pemeringkatan Webometrics. Di Universitas Kristen Maranatha menawarkan sejumlah program untuk tingkat sarjana, pascasarjana dan magister dengan 9 fakultas dan pilihan program studi yang beragam.

7. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
Universitas Komputer Indonesia menempati peringkat ke tujuh di Jawa Barat dengan ke 84 di Indonesia dan 5154 dunia versi Webometrics.

8. Universitas Islam Bandung (UNISBA)
Berdasarkan Webometrics UNISBA berhasil menduduki peringkat ke delapan di Jawa Barat dengan peringkat ke 105 di Indonesia dengan peringkat ke 5511 dunia.

9. Universitas Pakuan (UNPAK Bogor)
Universitas Pakuan Bogor mengalami peningkatan pemeringkatan dari tahun sebelumnya, yang saat ini menduduki pemeringkatan ke 123 di Indonesia dan 5859 dunia berdasarkan pemeringkatan Webometrics.

10. Institut Teknologi Nasional (ITENAS)
Institut Teknologi Nasional menjadi PTS yang berhasil menduduki peringkat ke sepuluh dengan meraih peringkat ke 125 dan 5878 dunia berdasarkan pemeringkatan Webometrics.

Berdasarkan dari pemeringkatan Webometrics tersebut tentu memberikan gambaran terkait reputasi dan pengaruh suatu perguruan tinggi dalam melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sehingga, prestasi dari perguruan tinggi dapat menjadi referensi bagi calon mahasiswa atau peneliti dalam memilih institusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Sudah tahu jawabannya kan? So, tunggu apalagi? Yuk Raih mimpimu di Telkom University! Untuk informasi lebih lanjut seputar penerimaan mahasiswa baru Tel-U, kamu dapat mengunjungi https://smb.telkomuniversity.ac.id/ ya!